Proposal Usaha



BAB I
PENGENALAN USAHA
A.    NAMA PERUSAHAAN
Nama Perusahaan yang kami rintis ini adalah “DRIM Production”. DRIM sendiri merupakan akronim dari nama panggilan masing-masing anggota, yakni Dika, Resna, Ibnu dan Mawadah.

B.     LOGO PERUSAHAAN
Pada tulisan tersebut terlihat huruf I yang bukan sebenarnya, pada huruf tersebut terlihat gabungan huruf E dan A yang membentuk seperti huruf I. Secara tidak langsung gabungan huruf di logo tersebut akan menciptakan sebuah kata, yaitu DREAM. Karena kami berharap usaha ini yang awalnya hanya mimpi bisa menjadi usaha yang besar yang terus berkembang seperti impian kami saat membentuk usaha ini.


C.    STRUKTUR ORGANISASI


D.    JOB DESKRIPSI

1)             General Manager
ü  Memanage semua urusan yang berkaitan denganPerusahaan,
ü  Merencanakan semua hal yang berkaitan dengan Perusahaan, mulai dari proses produksi, keuangan, target dan pemasaran,
ü  Mengatur semua kendali Perusahaan,
ü  Membuat keputusan untuk Perusahaan,
ü  Memotivasi semua anggota atau pengurus Perusahaan.

2)             Financial
ü  Mengatur keuangan Perusahaan,
ü  Membuat Laporan Keuangan Perusahaan,
ü  Merencanakan target pendapatan Perusahaan,
ü  Mengatur biaya produksi agar lebih hemat.

3)             Produksi
ü  Merencanakan produk perusahaan yang akan diproduksi,
ü  Memimpin jalannya proses produksi,
ü  Memastikan bahwa proses produksi berjalan dengan lancar,
ü  Merencanakan ide-ide kreatif untuk proses produksi.

4)             Marketing
ü  Melakukan pemasaran produk ke segmen pasar yang telah ditujukan,
ü  Membuat promosi-promosi dimedia yang telah direncanakan,
ü  Membuat perencanaan terhadap produk agar produk yang telahdirencanakan sebelumnya bisa lebih baik.


E.     STATUS USAHA
Usaha yang akan kami jalankan ini bersifat rintisan, karena belum pernah dijalankan sebelumnya.

F.     PRODUK UTAMA PERUSAHAAN
Bidang utama perusahaan kami adalah usaha mengenai makanan dan minuman. Usaha ysng kami dirikan tersebut adalah jenis usaha dibidang pangan yang hanya berskala kecil yang kami fokuskan pada cemilan sehari-hari yang sering dikonsumsi. Alasan kami dalam memilih usaha tersebut telah didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:
  1. Cemilan sudah seperti teman dan suatu kewajiban bagi kebanyakan orang terutama remaja dalam menemani kesehariannya.
  2. Kecenderungan remaja masa kini yang kurang tertarik untuk memenuhi gizinya dalam bentuk makanan, seingga kami memilih minuman berupa susu kedelai yang kaya gizi untuk dapat memenuhi gizi mereka.
  3. Bahan baku dalam pembuatan produk tersebut madah didapat dan tidak perlu waktu lama untuk mengolahnya.

G.    TUJUAN PENDIRIAN PERUSAHAAN
Tujuan didirikannya perusahaan ini yaitu :
1.         Untuk mengembangkan kreatifitas diri kami dalam bidang kewirausahaan.
2.         Sebagai sarana pemberi experience kepada kami agar kami bisa menjadi enterpreneur muda yang bisa memanfaatkan peluang.
3.         Sebagai bentuk pembelajaran kami dalam berwirausaha,
4.         Untuk memanfaatkan waktu senggang agar lebih bermanfaat,
5.         Menambah uang saku, dan
6.         Sebagai salah satu syarat untuk memnuhi penilaian dalam mata kuliah enterpreneurship.




BAB II
IDENTIFIKASI PRODUK
A.    PRODUK
Produk yang kami hasilkan yakni pertama, KERUPUK UDANG GURIH. Produk ini yaitu jenis produk berupa makanan ringan yang dapat dan nikmat dikonsumsi sebagai cemilan maupun sebagai teman lauk pauk.
Kedua, kami memproduksi ES KRIM AGAR-AGAR. Produk ini merupakan produk yang bisa menyegarkan jika dikonsumsi.
Ketiga, kami memproduksi SUSU KEDELAI KENYANG, dibuat untuk memnuhi gizi anak bangsa karena seperti yang kita ketahui kedelai merupakan bahan pokok yang mengandung banyak sekali gizi.

B.     BAHAN BAKU
Bahan baku utama SUSU KEDELAI KENYANG ini  adalah kedelai. Setelah proses perebusan, air tersebut akan berwarna menyerupai susu yang kemudian kami tambahkan pemanis alami dan rasa-rasa lain.
Bahan baku dari pembuatan ES KRIM AGAR-AGAR adalah bahan pembuat agar-agar yang direbus dan kemudian kami dinginkan dicetakan serupa es krim.

C.    TEMPAT PRODUKSI PRODUK
Tempat produksi untuk Pembuatan susu kedelai kenyang dilakukan di Kampus Bogor EduCARE . Lokasi ini dipilih karena sebagian dari kami bertempat tinggal didekat kampus dan rumah anggota kelompok kami yang pulang-pergi pun cukup jauh untuk ditempuh. Sedangkan untuk tempat produksi es krim agar-agar dilakukan dirumah salah satu anggota kami yakni Resna Amanda.

D.    ANALISIS SWOT
1)      STRENGTHS
v    Produk kami mengedepankan gizi
v    Produk kami adalah produk yang hemat karena makanan yang kami produksi memiliki harga yang sangat terjangkau, dan
v    Produk susu kedelai kami tidak kalah dengan susu susu instan dari segi gizi maupun rasa

2)      WEAKNESSES
v    Dikarenakan produk makanan yang kami miliki tidak menggunakan bahan pengawet apapun, makanan yang kami produksi pun hanya bisa bertahan paling lama 1 minggu dalam keadaan kering, dan
v    Produk cemilan kami belum dikemas secara menarik


3)      OPPORTUNITIES
Peluang usaha yang Perusahaan kami incar adalah sector makanan dan secto minuman sehat. Menurut kami, peluang produk kami untuk berkembang ini sangat besar, karena hal-hal sebagai berikut :
A.                Produk kami adalah produk yang murah-meriah dan terjangkau dipasaran,
B.                 Produk kami menyediakan gizi dalam bentuk minuman yang praktis dikonsumsi.

4)      THREATS
Ancaman yang mungkin terjadi yakni, kurang diterimanya produk ini oleh para konsumen karena usaha ini masih bersifat rintisan, tetapi kami yakin bahwa usaha ini akan bisa berkembang dan kami berani untuk mengambil resiko ini, sebagai upaya untuk mendapatkan pembelajaran yang lebih baik lagi dibidang kewirausahaan.




BAB III
PEMASARAN DAN PROMOSI
A.    SEGMEN PASAR
Untuk Kerupuk Udang, segmen pasar utama yang kami bidik adalah wilayah Sukaraja dan sekitarnya. Sistem pemasarannya yakni dengan menitipkan barang ke warung-warung kelontongan diperkampungan warga dan membagi hasil penjualannya dengan pedagang warung kelontongan tersebut. Cara ini kami nilai cukup efektif sebagai langkah awal untuk membuat masyarakat sekitar wilayah Sukaraja mengetahui produk yang kami produksi. Cara kedua yakni masing-masing dari kami akan mencoba untuk memasarkan produk kami disekitar daerah tempat tinggal kami masing-masing.

Untuk produk lain seperti susu kedelai dan agar-agar kami pasarkan setiap harinya di Pasar Bebas BEC yang telah disediakan di Ruang Friendly. Maka dari itu segmen pasar pada makanan ini yakni para mahasiswa dan dosen di BEC.

B.     STRARTEGI PEMASARAN
1.      Membuat iklan di sosial media (facebook, twitter, bbm, dll).
2.      Mendatangi langsung konsumen dengan berjualan langsung.
3.      Penittipan ke warung-warung sekitar tempat tinggal masing-masing anggota







BAB IV
TARGET PERUSAHAAN
A.    TARGET PRODUKSI
Produk Susu Kedelai, baru kami produksi 2 kali dalam seminggu dan akan kami produksi lebih sering sesuai permintaan pasar. Kualitas produk yang diharapkan yakni hemat, higienis dan menyehatkan. Sesuai dengan perkiraan jumlah konsumen yang ditargetkan, produksi yang akan dihasilkan adalah ±20-25 bungkus per minggu atau ±80-100 bungkus per bulan. Produksi ini akan terus disesuaikan sesuai permintaan pasar.

Kerupuk Udang dan Es Krim Agar-agar kami targetkam yakni 100 pcs setiap minggunya. Target ini akan terus berubah sesuai permintaan pasar. Produk ini akan kami produksi setiap minggu dan kami pasarkan setiap 2 kali seminggu di Supermarket BEC di Ruang Friendly.

B.     TARGET KONSUMEN
Konsumen utama yang kami targetkan adalah remaja yang beranjank dewasa, dengan jumlah rata-rata yang telah disesuaikan dengan jumlah sekali produksi yakni ±20-25 konsumen per minggu untuk susu kedelai dan untuk Pemasaran Kerupuk Udang dan Es Krim Agar-agar kami mengestimasikan akan mendapat 20 konsumen per hari.

C.    TARGET PENDAPATAN
Jumlah pendapatan yang diharapkan yakni menyentuh angka Rp. 50,000,- per minggu atau Rp. 200,000,- per bulan.






BAB V
PERENCANAAN KEUANGAN
A.    MODAL
Modal utama Perusahaan ini yakni bersumber dari hasil patungan semua anggota masing-masing sebesar Rp 20,000,-. Modal awal yang Terkumpul yakni Rp 80,000,-

B.     BREAK EVEN POINT

v  Susu Kedelai Kenyang
500  x 20.000              =          2.500 x Q
           20.500              =          2.500Q
           20.500  :           =          Q
            2.500
               8                   =          Q
BEP akan tercapai apabila barang yang terjual mencapai 9 pcs

v  Kerupuk Udang Gurih
500 x 27.500               =          1.000 x Q
          28.000   :           =          1.000Q
          28.000               =          Q
           1.000
              28                  =          Q
BEP akan tercapai apabila barang yang terjual mencapai 28 pcs

v  Es Krim Agar-agar
500 x 13.000               =          1.000 x Q
          13.500               =          1.000Q
          13.500   :           =          Q
           1.000
             14                   =          Q
BEP akan tercapai apabila barang yang terjual mencapai 14 pcs







C.    ESTIMASI KEUNTUNGAN


v  Susu Kedelai Kenyang
1 kali penjualan                       =          7 pcs (Rp. 500)
Keuntungan  per hari              =          3.500
Per bulan (seminggu 3 kali)     =          42.000
Per 4 Bulan                             =          168.000

v  Kerupuk Udang Gurih
1 kali penjualan                       =          12 pcs (Rp. 400)
Keuntungan  per hari              =          4.800
Per bulan (seminggu 4 kali)     =          76.800
Per 4 Bulan                             =          308.000

v  Es Krim Agar-agar
1 kali penjualan                       =          10 pcs (Rp. 500)
Keuntungan  per hari              =          5.000
Per bulan (seminggu 4 kali)     =          80.000
Per 4 Bulan                             =          320.000

  

BAB VI
PENUTUP

Demikian proposal usaha yang kami buat. Adapun tujuan proposal ini yaitu untuk memperkenalkan lebih detail tentang produk kami dan mengundang para investor untuk bekerja sama membangun usaha ini.
Besar harapan kami akan ketertarikan Bapak/Ibu kepada produk kami ini. Semoga apa yang tertulis dalam proposal ini dapat dimengerti dengan mudah dan calon investor tertarik untuk bergabung ke dalam Perusahaan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu investor kami mengucapkan terima kasih.


Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.