BAB I
PENGENALAN USAHA
A. NAMA PERUSAHAAN
Nama Perusahaan yang kami rintis ini adalah “DRIM Production”. DRIM sendiri merupakan akronim dari
nama panggilan masing-masing
anggota, yakni Dika,
Resna, Ibnu dan Mawadah.
B. LOGO PERUSAHAAN
Pada
tulisan tersebut terlihat huruf I yang bukan sebenarnya, pada huruf tersebut
terlihat gabungan huruf E dan A yang membentuk seperti huruf I. Secara tidak langsung gabungan huruf di logo tersebut
akan menciptakan sebuah kata, yaitu DREAM. Karena kami berharap usaha ini yang
awalnya hanya mimpi bisa menjadi usaha yang besar yang terus berkembang seperti
impian kami saat membentuk usaha ini.
C.
STRUKTUR
ORGANISASI
D. JOB DESKRIPSI
1)
General Manager
ü Memanage
semua urusan yang berkaitan denganPerusahaan,
ü Merencanakan
semua hal yang berkaitan dengan Perusahaan, mulai dari proses produksi,
keuangan, target dan pemasaran,
ü Mengatur
semua kendali Perusahaan,
ü Membuat
keputusan untuk Perusahaan,
ü Memotivasi
semua anggota atau pengurus Perusahaan.
2)
Financial
ü Mengatur
keuangan Perusahaan,
ü Membuat
Laporan Keuangan Perusahaan,
ü Merencanakan
target pendapatan Perusahaan,
ü Mengatur
biaya produksi agar lebih hemat.
3)
Produksi
ü Merencanakan
produk perusahaan yang akan diproduksi,
ü Memimpin
jalannya proses produksi,
ü Memastikan
bahwa proses produksi berjalan dengan lancar,
ü Merencanakan
ide-ide kreatif untuk proses produksi.
4)
Marketing
ü Melakukan
pemasaran produk ke segmen pasar yang telah ditujukan,
ü Membuat
promosi-promosi dimedia yang telah direncanakan,
ü Membuat
perencanaan terhadap produk agar produk yang telahdirencanakan sebelumnya bisa
lebih baik.
E.
STATUS
USAHA
Usaha yang akan kami jalankan ini bersifat rintisan,
karena belum pernah dijalankan sebelumnya.
F.
PRODUK
UTAMA PERUSAHAAN
Bidang utama perusahaan kami adalah usaha mengenai makanan dan minuman.
Usaha ysng kami
dirikan tersebut adalah
jenis usaha dibidang pangan
yang hanya berskala kecil yang kami fokuskan pada cemilan sehari-hari yang sering
dikonsumsi. Alasan kami dalam memilih usaha tersebut telah didasarkan atas
pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:
- Cemilan
sudah seperti teman dan suatu kewajiban bagi kebanyakan orang terutama
remaja dalam menemani kesehariannya.
- Kecenderungan
remaja masa kini yang kurang tertarik untuk memenuhi gizinya dalam bentuk
makanan, seingga kami memilih minuman berupa susu kedelai yang kaya gizi
untuk dapat memenuhi gizi mereka.
- Bahan
baku dalam pembuatan produk tersebut madah didapat dan tidak perlu waktu
lama untuk mengolahnya.
G.
TUJUAN
PENDIRIAN PERUSAHAAN
Tujuan didirikannya perusahaan ini yaitu :
1.
Untuk
mengembangkan kreatifitas diri kami dalam bidang kewirausahaan.
2.
Sebagai
sarana pemberi experience kepada kami
agar kami bisa menjadi enterpreneur
muda yang bisa memanfaatkan peluang.
3.
Sebagai
bentuk pembelajaran kami dalam
berwirausaha,
4.
Untuk
memanfaatkan waktu senggang agar lebih bermanfaat,
5.
Menambah
uang saku, dan
6.
Sebagai
salah satu syarat untuk memnuhi penilaian dalam
mata kuliah enterpreneurship.
BAB II
IDENTIFIKASI
PRODUK
A.
PRODUK
Produk yang kami hasilkan yakni pertama, KERUPUK UDANG GURIH. Produk ini yaitu
jenis produk berupa makanan
ringan yang dapat dan nikmat dikonsumsi sebagai cemilan maupun sebagai teman
lauk pauk.
Kedua, kami memproduksi ES KRIM AGAR-AGAR. Produk ini merupakan produk yang bisa menyegarkan jika dikonsumsi.
Ketiga, kami
memproduksi SUSU KEDELAI KENYANG, dibuat untuk memnuhi gizi anak bangsa karena
seperti yang kita ketahui kedelai merupakan bahan pokok yang mengandung banyak
sekali gizi.
B.
BAHAN
BAKU
Bahan baku utama SUSU KEDELAI KENYANG ini adalah kedelai. Setelah proses perebusan, air tersebut akan berwarna menyerupai
susu yang kemudian kami tambahkan pemanis alami dan rasa-rasa lain.
Bahan baku dari pembuatan ES KRIM AGAR-AGAR adalah bahan pembuat agar-agar yang
direbus dan kemudian kami dinginkan dicetakan serupa es krim.
C.
TEMPAT
PRODUKSI PRODUK
Tempat produksi untuk Pembuatan susu kedelai kenyang dilakukan di Kampus
Bogor EduCARE . Lokasi ini dipilih
karena sebagian dari kami bertempat tinggal didekat kampus dan rumah anggota
kelompok kami yang pulang-pergi pun cukup jauh untuk ditempuh. Sedangkan untuk
tempat produksi es krim agar-agar
dilakukan dirumah salah satu anggota kami
yakni Resna Amanda.
D.
ANALISIS
SWOT
1) STRENGTHS
v Produk kami mengedepankan gizi
v Produk
kami adalah produk yang hemat karena makanan yang kami produksi memiliki harga
yang sangat terjangkau, dan
v Produk susu kedelai kami tidak kalah dengan susu susu
instan dari segi gizi maupun rasa
2) WEAKNESSES
v Dikarenakan
produk makanan yang kami miliki tidak menggunakan bahan pengawet apapun,
makanan yang kami produksi pun hanya bisa bertahan paling lama 1 minggu dalam
keadaan kering, dan
v Produk cemilan kami belum dikemas secara menarik
3) OPPORTUNITIES
Peluang usaha yang Perusahaan kami incar adalah sector makanan dan secto minuman sehat. Menurut kami, peluang
produk kami untuk berkembang ini sangat besar, karena hal-hal sebagai berikut :
A.
Produk kami adalah produk yang
murah-meriah dan terjangkau dipasaran,
B.
Produk
kami menyediakan gizi dalam bentuk minuman yang praktis dikonsumsi.
4) THREATS
Ancaman yang
mungkin terjadi yakni, kurang diterimanya produk ini oleh para konsumen karena
usaha ini masih bersifat rintisan, tetapi kami yakin bahwa usaha ini akan bisa
berkembang dan kami berani untuk mengambil resiko ini, sebagai upaya untuk
mendapatkan pembelajaran yang lebih baik lagi dibidang kewirausahaan.
BAB III
PEMASARAN DAN
PROMOSI
A.
SEGMEN
PASAR
Untuk Kerupuk
Udang,
segmen pasar utama yang kami bidik adalah wilayah Sukaraja dan sekitarnya.
Sistem pemasarannya yakni dengan menitipkan barang ke warung-warung kelontongan
diperkampungan warga dan membagi hasil penjualannya dengan pedagang warung
kelontongan tersebut. Cara ini kami nilai cukup efektif sebagai langkah awal
untuk membuat masyarakat sekitar wilayah Sukaraja mengetahui produk yang kami
produksi. Cara kedua yakni masing-masing dari kami akan mencoba untuk
memasarkan produk kami disekitar daerah tempat tinggal kami masing-masing.
Untuk produk
lain seperti susu kedelai dan agar-agar kami pasarkan setiap
harinya di Pasar Bebas BEC yang telah disediakan di Ruang Friendly. Maka dari
itu segmen pasar pada makanan ini yakni para mahasiswa dan dosen di BEC.
B.
STRARTEGI
PEMASARAN
1. Membuat
iklan di sosial media (facebook, twitter, bbm, dll).
2. Mendatangi
langsung konsumen dengan berjualan langsung.
3. Penittipan ke warung-warung sekitar tempat tinggal
masing-masing anggota
BAB IV
TARGET
PERUSAHAAN
A.
TARGET
PRODUKSI
Produk Susu
Kedelai,
baru kami produksi 2 kali dalam seminggu dan akan
kami produksi lebih sering
sesuai permintaan pasar. Kualitas produk yang diharapkan yakni hemat, higienis dan menyehatkan. Sesuai dengan perkiraan jumlah konsumen yang
ditargetkan, produksi yang akan dihasilkan adalah ±20-25 bungkus per minggu atau ±80-100 bungkus per bulan. Produksi ini akan terus
disesuaikan sesuai permintaan pasar.
Kerupuk Udang dan
Es Krim Agar-agar kami targetkam yakni 100 pcs setiap minggunya. Target ini akan terus
berubah sesuai permintaan pasar. Produk ini akan kami produksi setiap minggu
dan kami pasarkan setiap 2
kali seminggu di Supermarket
BEC
di Ruang Friendly.
B.
TARGET
KONSUMEN
Konsumen utama yang kami targetkan adalah remaja yang beranjank dewasa,
dengan jumlah rata-rata yang telah disesuaikan dengan jumlah sekali produksi
yakni ±20-25 konsumen per minggu untuk
susu kedelai dan untuk Pemasaran Kerupuk Udang dan Es Krim Agar-agar
kami mengestimasikan akan mendapat
20
konsumen per hari.
C.
TARGET
PENDAPATAN
Jumlah pendapatan yang diharapkan yakni menyentuh
angka Rp. 50,000,-
per minggu atau Rp. 200,000,-
per bulan.
BAB
V
PERENCANAAN
KEUANGAN
A.
MODAL
Modal
utama Perusahaan ini yakni bersumber dari hasil patungan semua anggota masing-masing sebesar Rp 20,000,-.
Modal awal yang Terkumpul yakni Rp 80,000,-
B.
BREAK
EVEN POINT
v
Susu Kedelai Kenyang
500 x 20.000 = 2.500 x Q
20.500 = 2.500Q

2.500
8 = Q
BEP
akan tercapai apabila barang yang terjual mencapai 9 pcs
v
Kerupuk Udang Gurih
500
x 27.500 = 1.000 x Q

28.000 = Q
1.000
28 = Q
BEP
akan tercapai apabila barang yang terjual mencapai 28 pcs
v
Es Krim Agar-agar
500
x 13.000 = 1.000 x Q
13.500 = 1.000Q

1.000
14 = Q
BEP
akan tercapai apabila barang yang terjual mencapai 14 pcs
C.
ESTIMASI
KEUNTUNGAN
v
Susu Kedelai Kenyang
1
kali penjualan = 7 pcs (Rp. 500)
Keuntungan per hari = 3.500
Per
bulan (seminggu 3 kali) = 42.000
Per
4 Bulan = 168.000
v
Kerupuk Udang Gurih
1 kali
penjualan = 12 pcs (Rp. 400)
Keuntungan per hari = 4.800
Per
bulan (seminggu 4 kali) = 76.800
Per 4 Bulan = 308.000
v
Es Krim Agar-agar
1
kali penjualan = 10 pcs (Rp. 500)
Keuntungan per hari = 5.000
Per
bulan (seminggu 4 kali) = 80.000
Per
4 Bulan = 320.000
BAB
VI
PENUTUP
Demikian
proposal usaha yang kami buat. Adapun tujuan proposal ini yaitu untuk
memperkenalkan lebih detail tentang produk kami dan mengundang para investor
untuk bekerja sama membangun usaha ini.
Besar
harapan kami akan ketertarikan Bapak/Ibu kepada produk kami ini. Semoga apa
yang tertulis dalam proposal ini dapat dimengerti dengan mudah dan calon
investor tertarik untuk bergabung ke dalam Perusahaan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu
investor kami mengucapkan terima kasih.